30 Oktober 2008

8 Cara Mencetak Prestasi

Mengapa ada orang yang mudah mencetak prestasi dan bekerja secara efektif dan efisien tanpa kehilangan waktu2 berharga dalam kehidupan pribadi mereka? Dibawah ini ada 8 tips yang mungkin berguna untuk kita semua.
1. Buat Catatan Kecil Setiap Hari
'To Do List', akan membantu Anda, terutama Anda yang pelupa. Dengan menuliskan beberapa target hidup akan memaksa memori anda untuk menyimpannya. Bawalah selalu & pastikan Anda melihatnya setiap hari!
2. Tidak Cepat Puas & Selalu Bersemangat Mempelajari Hal Baru
Otak akan semakin tajam & aktif dengan berbagai hal baru yg bisa mempertajam atensi & kemampuan Anda untuk fokus pada hal-hal tertentu. Hindari belajar pasif. Belajarlah secara proaktif dgn memikirkan cobalah mengaplikasikan apa yg telah Anda pelajari.
3. Olah Raga Teratur
Olah raga membuat sistem sirkulasi peredaran darah tubuh menjadi lancar. Hal ini berarti pasokan oksigen ke seluruh tubuh juga lancar. Dengan demikian sirkulasi oksigen ke otak juga lancar.
4. Belajar Pada Malam Hari
Menurut beberapa pakar saraf, kemampuan otak manusia meningkat 6x lebih pesat & efektif bila digunakan untuk mengingat dan belajar pada malam hari ketimbang siang hari.
5. Istirahat Cukup & Kurangi Stress
Kurang istirahat & stress yang tinggi, membuat otak menjadi tegang & lelah, denyut jantung tidak normal, sistem hormonal tubuh kacau & membuat kita tampak lebih cepat tua! Hal ini sekaligus juga mengakibatkan kemampuan otak menurun. Istirahat yang cukup, memciptakan rasa senang dalam diri, gembira dan relaks membuat semuanya menjadi normal kembali.
6. Diet yang Seimbang
Jangan melakukan diet terlalu ketat. Lakukan semuanya dalam batas keseimbangan dan kewajaran. Kekurangan salah satu zat penting yg dibutuhkan tubuh, membuat sistem tubuh berjalan timpang. Mintalah bantuan ahli bila memang diperlukan.
7. Buatlah Metode Belajar Kreatif & Tidak Membosankan
Pernah ingat pepatah,"Tuntutlah ilmu sampai ke liang lahat"? Itu artinya sampai akhir hayat pun kita masih dituntut untuk selalu belajar dan belajar. Tapi ciptakanlah untuk diri Anda sendiri suatu metode pembelajaran yang gembira, menyenangkan sekaligus tidak membosankan. 'Be Creative'-lah!
8. Bersyukur & Berdoalah!
Tujuh tips diatas adalah usaha2 kita untuk meningkatkan kehidupan yang lebih baik. Entah kehidupan pribadi maupun keluarga. Tapi jangan lupa, bila Tuhan menghendaki, semuanya bisa hilang dalam sekejap mata. Untuk itu, tips yang ke-8 perlu ditambahkan banyak berdoa dan bersyukur atas semua nikmat & karunia yang telah diberikannya! Terkadang kekuatan spiritual/ruhaniah dapat mendatangkan suatu keajaiban yang tidak pernah terlintas dalam pikiran kita.
Selamat ber-transformasi diri !


3 komentar:

studio cerah mengatakan...

blognya bagus. ide sederhana yang bisa memudahkan orang lain memutuskan melakukan yang sederhana, itulah cara serdas.

mas herdita, saya senang sekali dengan obrolan singkat kemarin di rumah sampeyan. banyak hal yang makin membuat saya belajar makin bersemangat, jika saya berjumpa dengan pribadi yang juga penuh semangat.

mampir ke blogg saya (ipoel.wordpres.com atau kampoesngopi.blogspot.com) semoga kita bertukar pengalaman terbaik dan saling berbagi tentang carfa sukses memabntu orang lain menjadikan dunia ini menjadi serba berkemungkinan... (seperti di take line blogg ini, Be different..._

salam damai dan bahagia,

ipoel

studio cerah mengatakan...

eh maaf, blog saya yang wordpress tadi kurang s ya? yang bener : ipoel.wordpress.com

kalo yang blogspot : kampoesngopi.blogspot.com itu adalah inisiasi kreatif saya dengan beberapa kaum muda di kampung untuk mencipta terminal sinau berbasis warung kopi. tetapi jualan adalah sampingan, dan berkembangnya komunitas kreatif untuk kualitas interaksi sosial adalah tujuan utamanya.

damai di hati dan bumi,

ipoel

Herdita B.N. mengatakan...

Thks mas Ipul, mau ngunjungin blog-Ku. Kapan-kapan aku mampir ke Blog sampean Juga.
Be a Differentiation